Pemberian tunjangan yang adil (Y1.2),
Tingkat kesejahteraan yang tinggi (Y1.3),
Penghargaan atas prestasi (Y1.4),
Jaminan keamanan dalam bekerja (Y1.5),
Sistem promosi jabatan (Y1.6)
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Tanggapan
Responden Terhadap Variabel Kepuasan Kerja
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
No
|
Indikator
|
Skor
Jawaban
|
Total
|
Mean
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
F
|
%
|
F
|
%
|
F
|
%
|
F
|
%
|
F
|
%
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1
|
KK1
|
7
|
3,3
|
14
|
6,7
|
73
|
34,8
|
97
|
46,2
|
19
|
9,0
|
210
|
3,51
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2
|
KK2
|
7
|
3,3
|
23
|
11,0
|
73
|
34,8
|
84
|
40,0
|
23
|
11,0
|
210
|
3,44
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3
|
KK3
|
8
|
3,8
|
31
|
14,8
|
79
|
37,6
|
81
|
38,6
|
11
|
5,2
|
210
|
3,27
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
4
|
KK4
|
7
|
3,3
|
25
|
11,9
|
59
|
28,1
|
103
|
49,0
|
16
|
7,6
|
210
|
3,46
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
5
|
KK5
|
15
|
7,1
|
19
|
9,0
|
45
|
21,4
|
106
|
50,5
|
25
|
11,9
|
210
|
3,51
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
6
|
KK6
|
12
|
5,7
|
22
|
10,5
|
60
|
28,6
|
92
|
43,8
|
24
|
11,4
|
210
|
3,46
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Mean
Variabel Kepuasan Kerja
|
3,44
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Sumber : Data diolah untuk
disertasi ini, 2017
|
Kepuasan kerja merupakan
salah satu dari beberapa mekanisme individu yang secara langsung mempengaruhi
kinerja kerja dan komitmen organisasi. Konsep dan penilaian kepuasan kerja
dimulai pada tahun 1911 dengan penelitian Taylor. Taylor (Ahmed, et al., 2010) menyatakan bahwa penghargaan seperti
pendapatan dari pekerjaan, pembayaran insentif, promosi, penghargaan, dan
peluang untuk kemajuan bisa menyebabkan peningkatan kepuasan kerja.
Berbagai peneliti telah
mendefinisikan istilah kepuasan kerja. Wiener (Ahmed, et al., 2010) menyatakan bahwa, kepuasan kerja
adalah sikap yang berhubungan dengan kondisi pekerjaan, segi pekerjaan, atau
aspek-aspek pekerjaan.
Locke (Colquitt, et al., 2014), kepuasan kerja adalah keadaan emosi
yang menyenangkan yang dihasilkan dari penilaian seseorang untuk pekerjaannya
atau pengalaman kerjanya. Dengan kata lain, kepuasan kerja merupakan bagaimana
perasaan Anda tentang pekerjaan Anda dan apa yang Anda pikirkan tentang
pekerjaan Anda. Karyawan akan berfikir positif ketika mereka merasa memiliki
kepuasan kerja yang tinggi terhadap tugas-tugas mereka dan mengambil bagian
dalam kegiatan tersebut. Karyawan akan berfikir negatif ketika mereka merasa
memiliki kepuasan kerja yang rendah terhadap tugas-tugas mereka dan mengambil
bagian dalam kegiatan tersebut.
Dari defenisi diatas, oleh
Hollenbeck,
et. al (2016) memiliki 3 (tiga) komponen, yaitu: 1)
Kepuasan kerja berhubungan dengan nilai-nilai seseorang, yang didefinisikan
sebagai "apa yang secara sadar atau tidak sadar diinginkan seseorang untuk
mendapatkannya." 2) Karyawan yang berbeda memiliki pandangan yang berbeda
dari nilai-nilai yang penting, sehingga situasi yang sama dapat menghasilkan
berbagai tingkat kepuasan kerja. 3) Kepuasan kerja didasarkan pada persepsi,
tidak selalu pada pengukuran yang objektif dan lengkap tentang situasi. Setiap
orang membandingkan nilai-nilai situasi pekerjaan untuknya, dan orang-orang
yang cenderung berbeda sesuai dengan anggapan mereka.
Menurut Griffin
& Moorhead (2014) kepuasan kerja mencerminkan sejauh
mana orang menemukan kepuasan atau pemenuhan dalam pekerjaan mereka. Kepuasan
kerja adalah perasaan menyenangkan yang dihasilkan dari persepsi seseorang
bahwa pekerjaan tersebut memenuhi atau memungkinkan untuk pemenuhan pentingnya
nilai-nilai pekerjaan seseorang (John A
Wagner & Hollenbeck, 2010).
Definisi tentang kepuasan
kerja mencakup tiga komponen utama: Nilai-nilai, pentingnya nilai-nilai, dan
persepsi. Kepuasan kerja merupakan fungsi dari nilai-nilai, yaitu, keinginan
seseorang baik secara sadar atau tidak sadar untuk mendapatkan pekerjaan.
Nilai-nilai tidak sama dengan kebutuhan dalam arti bahwa kebutuhan yang terbaik
dianggap sebagai "syarat obyektif" untuk tubuh serta penting untuk
mempertahankan hidup, seperti kebutuhan akan oksigen dan air. Di sisi lain
nilai-nilai, adalah "persyaratan subjektif" yang ada dalam pikiran
orang. Komponen kedua untuk kepuasan kerja adalah pentingnya nilai-nilai. Orang
tidak hanya berbeda dalam nilai-nilai yang mereka pegang, tetapi juga dalam
bobot yang mereka berikan kepada nilai-nilai, dan perbedaan-perbedaan ini
secara kritis mempengaruhi tingkat kepuasan kerja mereka. Satu orang mungkin
menghargai keamanan kerja di atas segalanya. Orang lain mungkin paling peduli
dengan kesempatan untuk melakukan perjalanan. Namun orang lain mungkin tertarik
dalam melakukan pekerjaan yang menyenangkan atau membantu orang lain. Meskipun
orang pertama dapat dipenuhi dengan kerja jangka panjang, namun dua lainnya mungkin
menemukan sedikit kepuasan dalam hubungan kerja secara jangka panjang. Komponen
terakhir dari definisi tentang kepuasan kerja adalah persepsi. Kepuasan
mencerminkan persepsi kita tentang situasi sekarang dan nilai-nilai kita.
Ketika mereka tidak sempurna, kita harus melihat persepsi individu untuk
situasi, bukan situasi yang sebenarnya, untuk memahami reaksi pribadinya.
Sedangkan menurut John R.
Schermerhorn (2007) kepuasan kerja merupakan sikap yang
mencerminkan perasaan positif dan negatif seseorang terhadap pekerjaan, rekan
kerja, dan lingkungan kerjanya. Lebih lanjut dikemukakan didefinisikan bahwa
kepuasan kerja merupakan sebagai sikap yang mencerminkan penilaian seseorang
tentang pekerjaannya atau pengalaman kerjanya dalam kurun waktu tertentu.
Menurut McShane
& Von Glinow (2008) Kepuasan kerja adalah penilaian
seseorang tentang kerja dan konteks pekerjaannya. Hal yang dimaksud di sini
adalah penilaian dari karakteristik yang dirasakan tentang pekerjaan,
lingkungan kerja, dan pengalaman emosional di tempat kerja. Karyawan yang puas akan
memiliki penilaian yang menguntungkan tentang pekerjaan mereka, berdasarkan
observasi dan pengalaman emosional.
Menurut Noe, et al., (2016) Kepuasan kerja merupakan Sebuah
perasaan yang menyenangkan yang dihasilkan dari persepsi seseorang bahwa
pekerjaannya telah memenuhi atau memungkinkan untuk terpenuhinya nilai-nilai
pekerjaan. Kepuasan kerja adalah kombinasi dari reaksi kognitif dan afektif
dengan persepsi diferensial dari apa yang seorang pekerja akan menerima
dibandingkan dengan apa yang sebenarnya ia menerima (Boyt, et. al dalam Osibanjo,
et. al (2012)). Kepuasan kerja individu adalah
kognitif, afektif, dan mengevaluasi reaksi terhadap pekerjaannya (Greenberg dan
Baron, (Osibanjo, et al., 2012)).
Kepuasan kerja mengacu
pada sikap dan perasaan orang tentang pekerjaan mereka. Sikap positif dan
menguntungkan terhadap pekerjaan menunjukkan kepuasan kerja. sikap negatif dan
tidak menguntungkan terhadap pekerjaan menunjukkan ketidakpuasan kerja (Armstrong,
2006). Semangat sering didefinisikan sebagai sama dengan
kepuasan kerja. (Guion, 1958 dalam (Armstrong,
2006) mendefinisikan semangat sebagai "sejauh mana
kebutuhan individu puas dan sejauh mana individu merasakan kepuasan yang
seperti berasal dari situasi kerja". (Gilmer, 1961 dalam (Armstrong,
2006) menunjukkan bahwa semangat adalah perasaan yang diterima
oleh dan milik sekelompok karyawan melalui kepatuhan terhadap tujuan bersama. Dia
membedakan antara semangat sebagai variabel kelompok, berkaitan dengan sejauh
mana anggota kelompok merasa tertarik dalam kegiatan kelompok dan keinginan
mereka untuk tetap bertahan menjadi anggota, dan sikap kerja sebagai variabel
individu terkait dengan perasaan karyawan tentang pekerjaan mereka.
Tingkat kepuasan kerja
dipengaruhi oleh faktor motivasi intrinsik dan ekstrinsik Herzberg
Two Factor Theory),
kualitas pengawasan, hubungan sosial dengan kelompok kerja dan sejauh mana
individu berhasil atau gagal dalam pekerjaan mereka (Armstrong,
2006). Teori dua faktor ini sangat menarik perhatian banyak orang sejak pertama
kali dipresentasikan. Saat ini teori ini merupakan model yang banyak diterima
dalam mempelajari kepuasan kerja. Herzberg menjadikan hirarki kebutuhan Maslow
sebagai dasar untuk mengembangkan teorinya. Herzberg menemukan bahwa
faktor-faktor yang menyebabkan kepuasan dan ketidakpuasan kerja berbeda. Herzberg dalam (Stroh
& Gregory B. Northcraft, 2002) mengemukakan teori kebutuhan
yang disebutnya sebagai Teori Dua Faktor. Diyakini bahwa faktor
yang berhubungan dengan kerja dapat dibagi dua yaitu motivator dan higiene. Faktor higiene merupakan semua elemen kerja yang
berhubungan dengan job context atau sebagai konsekuensi dari
kerja itu sendiri. Dicontohkan sebagai faktor higiene adalah penghasilan, rekan kerja, kondisi
kerja, kebijaksanaan dan administrasi perusahaan, dan pengawasan. Motivator merupakan elemen yang berhubungan dengan job content atau tugas dan kewajiban dari pekerjaan yang dilakukan. Tanggung jawab,
rangsangan atau stimulus kerja, pertumbuhan, pengakuan, kemajuan, dan prestasi
kerja adalah sebagai motivator. Faktor higiene tidak mencukupi maka akan timbul ketidakpuasan, namun jika semua faktor higiene mencukupi maka kepuasan hanya
pada tingkat netral. Demikian pula bila motivator terpenuhi maka akan mendorong kepuasan kerja lebih tinggi, namun bila motivator tidak terpenuhi kepuasannya pada tingkat netral.
Armstrong
& Taylor (2014), tingkat kepuasan kerja atau
ketidakpuasan dipengaruhi oleh: 1) Faktor motivasi intrinsik. Ini berhubungan
dengan isi pekerjaan, terutama lima dimensi pekerjaan yang diidentifikasi oleh
(Hackman dan dalam Oldham (Armstrong
& Taylor, 2014)): berbagai keterampilan, identitas
tugas, makna tugas, otonomi dan umpan balik (karakteristik pekerjaan), 2) Kualitas
pengawasan. Studi Hawthorne oleh Roethlisberger dan Dixon, dalam (Armstrong
& Taylor, 2014)) menghasilkan klaim pengawasan sebagai
penentu paling penting tentang sikap pekerja. Elton Mayo dalam (Armstrong
& Taylor, 2014)) percaya bahwa keinginan manusia
untuk terus dikaitkan dalam pekerjaan dengan teman-temannya sangat kuat, 3) Keberhasilan
atau kegagalan. Sukses pasti menciptakan kepuasan, terutama jika itu
memungkinkan individu untuk membuktikan diri bahwa mereka menggunakan Ability (kemampuan) mereka secara penuh.
Feinstein dalam (Ahmed, et al., 2010)) mengatakan bahwa untuk meningkatkan
tingkat kepuasan individu, karyawan harus diberikan kesempatan untuk maju.
Demikian pula perubahan variabel organisasi, seperti skala gaji, masukan dari
karyawan dalam proses pembuatan kebijakan, dan lingkungan kerja bisa dilakukan
dalam upaya untuk meningkatkan komitmen organisasi dan hasil akhir secara
keseluruhan. Elton Mayo menemukan bahwa interaksi dalam kelompok adalah pemuas
terbesar diikuti keselamatan, kaitannya dengan pekerjaan dan kesuksesan (Bektas
dalam (Ahmed, et al., 2010)). Mosadeghard dalam (Ahmed, et al., 2010) memberi dimensi Kepuasan kerja
seperti sifat pekerjaan, manajemen dan pengawasan, kebutuhan tugas, rekan
kerja, keamanan kerja, pengakuan dan promosi memiliki efek yang lebih pada
komitmen organisasi karyawan dalam suatu organisasi.
Tidak adanya keseimbangan
dalam kehidupan kerja, kurangnya kesempatan untuk maju, lingkungan kerja,
kurangnya dorongan, kurangnya pengakuan dapat menyebabkan stres, yang pada
akhirnya menyebabkan ketidakpuasan, kelelahan dan akhirnya meningkatkan tingkat
turnover dalam organisasi (Ahmadi dan
Alireza, dalam (Ahmed, et al., 2010)). Kepuasan kerja berbanding terbalik
dengan kelelahan, niat untuk meninggalkan organisasi (Penn,, et al dalam (Ahmed, et al., 2010)). Kepuasan kerja meningkat ketika
pendapatan lebih besar dari pendapatan yang diperkirakan dalam sektor pendidikan
(Bender dan Heywood dalam (Ahmed, et al., 2010)).
Tingkat kepuasan kerja
dapat diukur dengan menggunakan survei perilaku. Ada empat metode yang bisa
digunakan (Armstrong,
2006) : 1) dengan menggunakan kuesioner terstruktur. Ini dapat
diberikan kepada semua atau sampel karyawan. Kuesioner bisa yang standar,
seperti Brayfield dan Rothe Indeks Kepuasan Kerja, atau mereka dapat
dikembangkan khusus untuk organisasi. Keuntungan menggunakan kuesioner standar
adalah bahwa mereka telah diuji secara menyeluruh dan dalam banyak kasus norma
yang memadai untuk dikompensasi hasilnya dapat dibandingkan, 2) dengan
menggunakan wawancara. Ini bisa dilakukan dengan wawancara terbuka atau
wawancara mendalam, 3) dengan kombinasi kuesioner dan wawancara. Ini adalah
pendekatan yang ideal karena menggabungkan data kuantitatif dari kuesioner
dengan data kualitatif dari wawancara, 4) dengan menggunakan fokus grup. Focus
group adalah sampel yang representatif dari karyawan atas sikap dan opini yang
dicari pada isu-isu tentang organisasi dan pekerjaan mereka.
Patricia C. Smith (John
R. Schermerhorn, 2007) menggunakan dua dari kuesioner
kepuasan kerja yang lebih populer digunakan selama bertahun-tahun yaitu Minnesota Satisfaction Questionnaire
(MSQ) dan Indeks Deskriptif Kerja (JDI). Lima aspek kepuasan kerja diukur
dengan Indeks Deskriptif Kerja (JDI) antaralain (John
R. Schermerhorn, 2007): 1) Pekerjaan itu sendiri = tanggung
jawab, keterikatan, dan pertumbuhan, 2) Kualitas pengawasan = bantuan teknis
dan dukungan sosial, 3) Hubungan dengan rekan kerja = keharmonisan sosial dan
rasa hormat, 4) Kesempatan Promosi = peluang untuk maju, 5) Upah = kecukupan
membayar dan persepsi ekuitas
Minnesota
Satisfaction Questionnaire
(MSQ) mengukur kepuasan dengan (John
R. Schermerhorn, 2007): Kondisi kerja, kesempatan untuk
maju, kebebasan untuk menggunakan satu penilaian sendiri, pujian untuk
melakukan pekerjaan yang baik, dan persepsi prestasi
Minnesota
Satisfaction Questionnaire
(MSQ) yang dikembangkan oleh Weiss,
et. al (1967) yaitu: Pemanfaatan (kemampuan), prestasi, aktivitas,
kemajuan, wewenang, kebijakan dan praktek perusahaan, kompensasi, rekan kerja,
kreativitas, kebebasan, Nilai moral, pengakuan, tanggung jawab, keamanan,
pelayanan sosial, status sosial, pengawasan - hubungan manusia, pengawasan – teknis, variasi,
dan kondisi kerja
Yang
& Hwang (2014) mengukur kepuasan kerja dengan
pertimbangan keadilan, yaitu: Kepuasan
intrinsik dengan indikator: pekerjaan saya sangat menantang, keterampilan saya
cocok dengan pekerjaan saya, saya menyadari seluruh potensi saya dalam
pekerjaan saya dan Kepuasan ekstrinsik dengan indikator: perusahaan saya
menawarkan jalur promosi yang adil, perusahaan saya memberikan keuntungan yang
besar dan perusahaan saya secara aktif berupaya untuk meningkatkan kemampuan kerja
saya.
Kepuasan kerja
mempengaruhi banyak perilaku individu. Lawan dari kepuasan adalah
ketidakpuasan. Sebuah contoh yang penting untuk mengorganisir dan memahami
konsekuensi tentang ketidakpuasan dalam bekerja adalah (EVLN) model yaitu: exit (Keluar) – voice (berpendapat) – loyalty
(Loyalitas) - neglect (Mengabaikan) Withey
and Cooper (McShane
& Von Glinow, 2008).
Exit. merujuk pada meninggalkan
organisasi, pindah ke unit kerja yang lain, atau setidaknya berusaha untuk
keluar. Pergantian karyawan adalah hasil dari ketidakpuasan kerja, khususnya
bagi karyawan dengan kesempatan kerja yang lebih baik di tempat lain.
Voice. mengacu pada setiap upaya untuk
mengubah, bukan melarikan diri pada situasi yang tidak memuaskan. Pendapat bisa
menjadi respon konstruktif, seperti merekomendasikan cara manajemen untuk
memperbaiki situasi; atau bisa lebih konfrontatif, seperti mengajukan keluhan
formal. Dalam ekstrem, beberapa karyawan mungkin terlibat dalam perilaku
kontraproduktif untuk mendapatkan perhatian dan kekuatan perubahan dalam
organisasi.
Loyality. Loyalitas telah dijelaskan dalam cara
yang berbeda, namun yang paling banyak digunakan istilah "loyalis"
adalah karyawan yang menanggapi ketidakpuasan dengan sabar menunggu.
Neglect. Merujuk pada mengurangi usaha kerja, kurang
memperhatikan kualitas, dan meningkatkan absensi dan keterlambatan. Hal ini
umumnya dianggap sebagai kegiatan pasif yang memiliki konsekuensi negatif bagi
organisasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar